Sejarah

Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manap Kota Jambi adalah rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kota Jambi. Rumah sakit ini beralamat di Jl. Sk. Rd. Syahbuddin Kelurahan Mayang Mangurai Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 RSUD Kota Jambi resmi menggunakan nama RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit ini dilaksanakan pada tahun 2006 dan pada tanggal 31 Oktober 2008 RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi diresmikan oleh Walikota Jambi Drs. Arifien Manap.

RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi mulai beroperasi memberikan pelayanan kepada masyarakat pada tanggal 25 Maret 2009 melalui izin operasional sementara yang diberikan oleh Walikota Jambi. Sedangkan izin operasioanl tetap diberikan pada tanggal 27 Desember 2010 berdasarkan Keputusan Walikota Jambi nomor 666 Tahun 2010 dan telah diperpanjang berdasarkan Keputusan Walikota Jambi nomor 223 Tahun 2016 tanggal 7 April 2016 hingga lima tahun kedepan..

RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi dengan kualifikasi rumah sakit type C berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1705/MENKES/SK/XI/2010 tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah H. Abdul Manap Kota Jambi Milik Pemerintah Kota Jambi Provinsi Jambi tanggal 25 November 2010, terletak diatas tanah seluas 5 H dengan bangunan yang didirikan dan digunakan untuk operasional pelayanan. Hingga saat ini diantaranya gedung utama seperti pelayanan rawat jalan, rawat inap, IGD dan kantor, di tambah penunjang palayanan seperti dapur, laundry, CSSD, IPAL, juga tersedia asrama perawat, perumahan dinas perawat dan dokter, musholla, rumah duka dan fasilitas olah raga.

RSUD H. Abdul  Manap  Kota Jambi sebagai Lembaga Teknis Daerah Kota Jambi di bidang pelayanan kesehatan dan satu-satunya rumah sakit umum milik Pemerintah Kota Jambi memiliki peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Kota Jambi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.