0741 5910180 / 5910190

Intalasi Pusat Sterilisasi atau yang istilah awamnya disebut CSSD (Central Sterile Supply Department) merupakan suatu unit pelayanan yang mempunyai fungsi untuk memberikan pelayanan sterilisasi yang sesuai dengan standar sterilisasi dan memenuhi kebutuhan barang-barang steril yang ada di rumah sakit.

Instalasi pusat sterilisasi memegang peranan penting dalam pengadaan alat-alat steril yang membantu unit-unit lain yang menggunakan instrument, linen dan bahan lain yang membutuhkan kondisi yang steril.

Tujuan utama sebuah rumah sakit adalah pelayanan yang baik. Dan dengan adanya unit ini akan menambah peningkatan pelayanan yang baik. Baik itu untuk pasien atau untuk unti-unit yang terhubungan dengan instalasi sterilisasi.
Selain itu, meningkatkan mutu steriliasi yang sesuai dengan standart sterilisasi.
Pengendalian infeksi nosokomial akan tercapai dengan adanya instalasi pusat sterilisasi ini tapi itu tidak menutup kemungkinan akan tetap ada infeksi nosokomial jika mereka bekerja sendirian.

Hasil dari sterilisasi terhadap alat-alat kesehatan harus melalui proses yang ketat terlebih dahulu sebelum menjadi alat yang benar-benar steril dan aman untuk digunakan. Artinya, harus dilakukan kontrol ketat, karena dengan melakukan kontrol yang ketat, maka setiap produk yang dihasilkan akan terjamin kualitas sterilisasinya, yang pada akhirnya akan dapat menekan angka kejadian infeksi di rumah sakit.