Pelayanan Klinik Urologi
ESWL - Mesin Pemecah Batu Ginjal Tanpa Operasi

By Admin 25 Jul 2018, 08:28:48 WIB eswl


ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) adalah tindakan memecah batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu menjadi pecahan yang halus, sehingga pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni. Keutungan dari tindakan ESWL ini yaitu tindakan ini dilakukan tanpa membuat luka, tanpa pembiusan dan dapat tanpa rawat inap.

ESWL adalah suatu tindakan untuk mengeluarkan batu saluran kemih dengan cara memecahkannya (Lithoripsy) menggunakan mesin yang berada di luar tubuh (Extra Corporeal). Mesin tersebut menghasilkan energi berupa Gelombang Kejut (Shockwave) yang diarahkan langsung ke lokasi batu.

Permulaan tahun 1980-an, terjadi kemajuan pesat dalam terapi batu saluran kemih dengan ditemukannya ESWL (Extracorporeal Shockwave Lithotripsy) oleh Cristian Chaussy. Dengan adanya alat ini, maka pasien saluran batu kemih yang sebelumnya harus ditangani dengan cara operasi, sebagian besar tidak perlu lagi operasi. Sejak ditemukannya mesin ini, telah banyak rumah sakit di seluruh dunia yang menggunakan mesin ini untuk menangani batu saluran kemih. Angka keberhasilan yang telah dilaporkan oleh para dokter spesialis Urologi berkisar 70-95%. Kriteria penilaian keberhasilan, yaitu apabila setelah 3 (tiga) bulan setelah tindakan, dengan melalui pemeriksaan rontgen, semua pecahan batu telah bersih dari saluran kemih.




View all comments

Write a comment